Yamaha Tricity 150

Yamaha Tricity 150 adalah motor skuter tiga roda yang memiliki performa tinggi dan desain futuristik. Motor ini dilengkapi dengan mesin 155 cc yang mampu menghasilkan tenaga 15 PS dan torsi 13,4 Nm. Salah satu faktor yang mempengaruhi performa mesin adalah rasio kompresi.

Rasio kompresi adalah perbandingan antara volume ruang bakar saat piston berada di titik mati atas (TMA) dengan volume ruang bakar saat piston berada di titik mati bawah (TMB). Semakin tinggi rasio kompresi, semakin besar tekanan dan suhu yang terjadi di dalam ruang bakar saat pembakaran. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi termal dan tenaga mesin.

Rasio kompresi Yamaha Tricity 150 adalah 10,5:1. Dengan demikian, Yamaha Tricity 150 idealnya diisi bensin dengan nilai RON (Research Octane Number) 96. RON adalah ukuran kemampuan bensin untuk menahan detonasi atau ketukan mesin. Semakin tinggi RON, semakin tahan bensin terhadap detonasi. Jika bensin yang digunakan memiliki RON lebih rendah dari yang disarankan, maka dapat menyebabkan kerusakan mesin.

Kapasitas tangki bensin Yamaha Tricity 150 adalah 7,2 liter. Ini lebih besar dari kapasitas tangki bensin NMAX yang hanya 6,6 liter. Dengan kapasitas tangki yang besar, Yamaha Tricity 150 dapat menempuh jarak lebih jauh tanpa harus sering mengisi bensin. Yamaha Tricity 150 juga memiliki fitur Connected ke smartphone dan smart key system. Fitur Connected memungkinkan pengendara untuk melihat informasi seperti kecepatan rata-rata, konsumsi bahan bakar, dan lokasi parkir melalui aplikasi di smartphone. Fitur smart key system memudahkan pengendara untuk menghidupkan dan mematikan mesin tanpa harus memasukkan kunci.

Motor ini akan optimal saat diisi bensin beroktan 95 seperti Shell V Power. Bensin ini memiliki kandungan aditif yang dapat membersihkan karbon dan kotoran di dalam mesin serta meningkatkan performa dan perlindungan mesin. Jika anda ingin menghemat pengeluaran biaya BBM, bisa diisi bensin Pertalite, tambahkan 1 tablet Hi-Octan edisi mobil pada tiap 4 liter Pertalite yang anda isikan di SPBU. Tablet Hi-Octan dapat meningkatkan RON bensin sekitar 5 poin sehingga dapat mencegah detonasi dan meningkatkan akselerasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *