Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel

Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel

Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat berbeda dengan mobil pribadi pabrikan Amerika atau Eropa, kebanyakan menggunakan mesin diesel. Ada keuntungan dan kerugian mesin diesel tersendiri saat disematkan dalam sebuah mobil. Antara keuntungan dan kerugiannya, lebih banyak untungnya.

Di Indonesia sendiri mesin diesel biasanya digunakan untuk kendaraan yang berdimensi besar seperti bus atau truk. Untuk mobil keluarga biasanya lebih banyak menggunakan mesin bensin. Hal ini dikarenakan tipikal kebanyakan masyarakat Indonesia yang lebih suka mobil dengan harga terjangkau dibandingkan memilih mobil yang mahal.

Itulah mengapa mobil-mobil sport yang merupakan pabrikan Eropa dan Amerika jarang sekali dimiliki oleh orang Indonesia. Jelas yang pertama karena harganya mahal. Yang kedua, tidak bisa dipakai untuk membawa orang banyak, kecuali hanya beberapa jenis mobil saja. Dan yang ketiga adalah berisik.

Mengapa mobil sport berisik? Jawabannya karena mobil sport menggunakan mesin diesel. Dan salah satu karakteristik mesin diesel ini adalah suara yang ditimbulkan lebih berisik dari mesin bensin. Selain itu, ada beberapa karakteristik mesin diesel yang akan kita bahas berikut ini.

 

Karakteristik Mesin Diesel

Mesin diesel dan mesin bensin memiliki beberapa perbedaan yang mencolok. Karakteristik inilah yang nantinya digunakan oleh produsen sebagai pertimbangan saat memproduksi sebuah mobil.

Karakteristik mesin diesel yang pertama adalah memiliki torsi yang tinggi. Dengan memiliki torsi yang tinggi, maka mobil yang bermesin diesel akan lebih tangguh saat berada di medan yang sulit, seperti saat dibawa ke pegunungan atau dataran yang menanjak.

Selain torsi yang tinggi, mesin diesel juga punya karakteristik yaitu hemat bahan bakar. Mengapa mesin diesel bisa hemat bahan bakar? Karena bahan bakar hanya disemprotkan saat fase pembakaran saja. Berbeda dengan mesin bensin yang bahan bakar dicampur dengan udara sejak awal (fase hisap).

Karakteristik yang ketiga adalah mesin diesel ini memiliki sistem yang lebih sederhana dibandingkan dengan mesin bensin. Sehingga dari sisi perawatan sangat mudah.

Selain ketiga tersebut, karakteristik mesin diesel ini adalah tekanan pembakaran yang dibutuhkan lebih besar dari mesin bensin. Dengan tekanan yang lebih besar ini, maka dibutuhkan dinding mesin yang lebih tebal dan komponen yang lebih kuat. Efek dari kebutuhan ini adalah berat mesin diesel lebih berat dari mesin bensin. Sehingga harga mesin diesel otomatis lebih mahal dari mesin bensin.

 

Keuntungan Mesin Diesel

Dari karakteristik mesin diesel yang sudah disebutkan di atas, maka secara otomatis kita bisa mengetahui apa sih keuntungan dan kerugian mesin diesel saat digunakan di dalam sebuah mobil. Untuk lebih mudahnya, saya akan membahas keuntungan menggunakan mesin diesel terlebih dahulu.

Keuntungan menggunakan mesin diesel yang pertama adalah mesin diesel ini lebih tangguh dibandingkan mesin bensin ketika di medan yang sulit. Bagi Sahabat yang hidup di pedesaan atau lebih sering melakukan traveling dengan mobil, akan sangat menguntungkan jika Sahabat menggunakan mobil bermesin diesel karena torsinya tinggi. Dengan torsi yang tinggi, mobil bermesin diesel ini akan lebih mudah menanjak.

Mobil dengan mesin diesel yang bisa ditemui di Indonesia sebagai berikut: Toyota Kijang Innova, Isuzu MU-X, Isuzu Panther Grand Touring, Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Hyundai All New Santa Fe, dan KIA Grand Sedona. Yang paling sering terlihat di jalanan kota adalah Kijang Innova, Pajero Sport, dan Fortuner.

Keuntungan yang kedua dari menggunakan mobil bermesin diesel adalah hemat bahan bakar. Secara mekanisme, mesin diesel ini memang lebih hemat dikarenakan bahan bakar digunakan saat fase pembakaran saja. Selain itu, harga bahan bakar mesin diesel biasanya relatif lebih murah dibandingkan bahan bakar mesin bensin.

Selain kedua keuntungan tersebut, mesin diesel ini memiliki keunggulan dalam hal perawatan. Mesin diesel lebih mudah dalam perawatan karena komponennya tidak serumit mesin bensin.

Tak hanya itu, mesin diesel punya keuntungan dalam hal umur. Umur mesin diesel lebih panjang dibandingkan dengan mesin bensin. Itulah mengapa seperti truk dan bus memakai mesin diesel. Mesinnya lebih tangguh dan tahan lama.

 

Kerugian Mesin Diesel

Setiap ada keuntungan, pasti ada kerugian. Begitu juga dengan mesin diesel, punya beberapa kerugian. Salah satu kerugian yang pertama adalah mesin diesel ini sangat bising dibandingkan dengan mesin bensin.

Sahabat bisa mencoba mendengarkan suara mesin diesel saat pertama kali dinyalakan. Suaranya akan sangat bising. Bahkan ketika sudah jalan pun, tetap bising. Hal ini wajar karena memang suara bising itu berasal dari mesin diesel itu sendiri. Bagi beberapa orang, suara yang bising ini menyebalkan. Namun, bagi beberapa orang lainnya suara bising ini semacam memberi kesan garang. Tak jarang juga kita jumpai anak-anak muda yang sengaja membredel knalpotnya agar bisa mengeluarkan suara yang bising.

Selain itu, kerugian kedua dari mesin diesel ini adalah harganya yang mahal. Sangat wajar jika harganya mahal karena mesin ini dibangun dengan dinding yang tebal dan kokoh agar bisa tahan dengan tekanan yang tinggi.

Kekurangan lainnya menggunakan mesin diesel ini adalah sistem injeksi bahan bakarnya harus benar-benar presisi. Dengan syarat presisi ini makan biaya produksinya lebih mahal dan butuh ketelitian yang tinggi saat merawatnya. Untuk lebih aman memang harus dibawa ke tempat servis resminya, tidak bisa di bengkel dekat rumah. Bagi kamu yang agak menghitung budget pengeluaran untuk pemeliharaan mobil, tentu agak sedikit keberatan dengan biaya perawatan yang akan dikeluarkan ketika mobil bermesin diesel ini dicek rutin tiap beberapa bulannya.

Kekurangan berikutnya, karena mesin diesel ini membutuhkan tekanan yang besar, maka motor starter yang dibutuhkan pun lebih besar dari mesin bensin. Begitu juga dengan baterainya, harus berkapasitas tinggi. Lagi-lagi boros di biaya. 

Pertimbangan Memilih Mobil Bermesin Diesel atau Bermesin Bensin

Itulah beberapa keuntungan dan kerugian mesin diesel dari beberapa sisi. Sahabat bisa menilainya sendiri dan mencocokkan dengan kebutuhanmu kira-kira mana yang cocok dengan kebiasaan dan budget mu sebelum membeli mobil. Apakah Sahabat memilih mobil bermesin diesel ataukah yang bermesin bensin saja.

Jika Sahabat punya budget yang lebih—di atas 500 juta—dan lebih sering bepergian, akan sangat nyaman jika kamu menggunakan mobil bermesin diesel. Apalagi di musim penghujan, mobil dengan mesin diesel cukup membantu apabila kamu melewati jalan yang terendam banjir.

Namun, jika budget Sahabat mepet, membeli mobil dengan mesin bensin lebih diutamakan. Hal ini bisa dipilih jika kamu hidup di perkotaan yang tidak butuh torsi tinggi untuk berkendara. Apalagi, dengan  harga mobil mesin bensin sekitar 200 jutaan saja kita bisa beli mobil keluarga untuk 7 orang di dalamnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *