Apa Yang Dimaksud Dengan Cetane Number?

CN adalah singkatan dari Cetane Number. CN ini juga adalah besaran turunan dari Rasio Kompresi (CR) dan digunakan pada jenis bahan bakar diesel. Secara definisi CN adalah : Besaran turunan dari CR yang merupakan indikator dari kecepatan terjadinya pembakaran spontan akibat kenaikan suhu secara cepat dalam ruang bakar mesin. Pada saat bahan bakar diesel mencapai suhu tertingi dimana ia tepat mulai terbakar secara spontan, maka bahan bakar diesel tersebut berada pada titik “mulai terbakar sendiri”. Pada ruang bakar mesin, bahan bakar diesel yang mencapai suhu titik “mulai terbakar sendiri”, akan menghasilkan pembakaran dengan energi tertinggi.

Untuk nilai CN ini, semakin rendah nilai CN, semakin tinggi suhu titik “mulai terbakar sendiri”nya, dan sebaliknya semakin tinggi nilai CN, semakin rendah suhu titik “mulai terbakar sendiri”nya. Pendefinisian ini sedikit terbalik dengan nilai RON.

Sama dengan bahan bakar bensin, bahan bakar diesel pun merupakan larutan campuran yang terdiri lebih dari 200 jenis senyawa hidrokarbon. Karena itu, walaupun 2 jenis bahan bakar diesel memiliki nilai CN yang sama, belum tentu bahan bakar diesel tersebut memiliki nilai kandungan energi ledak yang sama. Sayangnya nilai kandungan energi pada diesel itu tidak didefinisikan secara  khusus oleh para akademisi sampai saat ini.

You cannot copy content of this page