Sekapur Sirih : Perjalanan Panjang Hi-Octan

Hi Octan LogoLima tahun perjalanan CV. Energi Selaras Alam menghasilkan 5 (lima) generasi dari HI-OCTAN, aditif yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas bensin. Perjalanan yang dilandasi dengan semangat untuk terus membenahi dan meningkatkan kualitas sebuah produk agar semakin bermanfaat bagi para pengguna setianya. Berbagai hambatan dan tantangan, terkadang sangat berat, berhasil kami lalui melalui perjuangan yang tidak mudah. Hanya keyakinan penuh pada Sang Maha Pencipta-lah yang membuat kami terus bergerak tanpa henti memanfaatkan segenap energi yang telah Allah anugerahkan pada kami agar kami dapat berkarya sebaik mungkin.

Perjalanan Panjang HI-OCTAN  :

Generasi Pertama, merupakan generasi awal yang memfokuskan pada rekayasa bensin untuk meningkatkan nilai RON dan MON agar bensin RON 88 yang pada saat itu merupakan bensin bersubsidi, dapat ditingkatkan nilai RON dan MON nya agar bisa sekelas bensin “kelas atas” yang memiliki RON 92 dan 95.

Pada Generasi Kedua, fokus masih pada peningkatan nilai RON dan MON dg peningkatan yang lebih ditingkatkan sehingga pada generasi kedua nilai maksimum peningkatan RON mencapai 9 (mengubah dari bensin bersubsidi dengan RON 88 menjadi bensin dengan RON 97).

Generasi Ketiga, yang merupakan kelanjutan dari Generasi Kedua, fokus diarahkan pada perbaikan kualitas bensin secara keseluruhan. Pada Generasi Ketiga inilah HI-OCTAN mulai dilengkapi dengan aditif-aditif yang dapat mengurangi gum pada bensin dan beberapa perbaikan lainnya agar bensin yang ditambah HI-OCTAN tidak hanya sekedar meningkat nilai RON dan MON saja, tapi juga dapat memperbaiki kualitas bensin pada tangki bensin kendaraan terutama pada bensin RON 88 yang memilliki kualitas rendah bila dibandingkan dengan kualitas bensin RON 92 dan 95.

Pada masa ini, CV. ESA mulai memperkenalkan konsep tentang bensin yang lebih mendalam pada masyarakat, termasuk memperkenalkan konsep hubungan nilai RON dan Kompesi Mesin (CR) dan memperkenalkan pembagian nilai RON atas 5 (lima) nilai yaitu RON 88, 90, 92, 95 dan 97 untuk bisa mengakomodir semua jenis public vehicle di Indonesia.

Sebagai contoh : kami berhasil membuktikan pada banyak kalangan bahwa untuk kendaraan Yamaha Vega, dan kendaraan-kendaraan yang memiliki kompresi mesin antara 8,6 : 1 sampai dengan 9,0 : 1 memiliki performa dan penghematan lebih baik dengan menggunakan bensin dg RON 90 (bensin RON 88 ditambah 0,5 ml/liter HI-OCTAN) dibandingkan dengan menggunakan RON 88 maupun 92. Pembuktian juga dilakukan pada kendaraan-kendaraan yang memiliki nilai RON dari 10,8 : 1 ke atas, performa dan penghematan lebih baik dengan menggunakan bensin RON 97 (bensin RON 88 ditambah 2 ml/liter HI-OCTAN) dibandingkan dengan bensin RON 95.

Generasi Keempat ditandai dengan penamaan baru untuk HI-OCTAN, yaitu HI-OCTAN 111. Dinamai 111 (Triple One) karena pada generasi ini penambahan HI-OCTAN (dengan dosis tertentu) mampu menembus angka RON 110. Hal yang tidak bisa dilakukan oleh pendahulunya, dimana sampai Generasi Ketiga angka RON tertinggi yang dapat dicapai hanyalah sampai dengan RON 97.

Di samping itu penyempurnaan aditif-aditif pada HI-OCTAN 111 dengan dosis yang harmoni menghasilkan perbaikan kualitas pada bensin yang sangat signifikan dibandingkan dengan Generasi Ketiga (termasuk diantaranya penurunan kadar gum pada bensin yang sangat signifikan setelah ditambah HI-OCTAN 111). HI-OCTAN 111 juga dapat digunakan pada semua jenis bensin yang dijual di SPBU. Itu sebabnya HI-OCTAN 111 memiliki tagline : “Menembus Batas”.

Pengalihan dari Generasi Keempat menjadi Generasi Kelima didasari oleh kebutuhan untuk menciptakan produk yang lebih ramah bagi pengguna dan lingkungan. Ramah bagi pengguna artinya aman bagi pengguna saat pengaplikasian HI-OCTAN apabila terkena kulit dan tidak menghasilkan uap yang menyengat ataupun beracun. Ramah bagi lingkungan artinya pengaplikasian HI-OCTAN harus menghasilkan emisi gas buang yang lebih bersih dan sisa kemasan HI-OCTAN yang tidak menjadi racun bagi lingkungan. Tentunya semua karakteristik utama pada Generasi Keempat harus tetap diakomodir oleh Generasi Kelima, seperti : Mampu menembus RON 110, penurunan kadar gum yang sangat signifikan dan merawat mesin.

Penggunaan bahan baku 100% berbahan bio/alami merupakan satu-satunya pilihan agar tujuan pada Generasi Kelima ini dapat tercapai. Suatu pilihan yang sangat sulit, mengingat pengetahuan dan riset tentang bahan alami sebagai bahan baku aditif bensin hampir tidak ada. Kalaupun ada penelitian tersebut masih sangat dasar dan sebenarnya belum cocok untuk diaplikasikan langsung. Dapat kami sebut bahwa penelitian tersebut masih mentah. Dibutuhkan penelitian ulang tentang bahan-bahan bio tersebut dan membentuk konsep baru tentang bahan-bahan tersebut. Suatu penelitian yang cukup memakan waktu dan menguras tenaga.

Segala puji selalu kami panjatkan pada Sang Maha Kuasa karena hanya Beliaulah yang maha berkuasa atas segalanya, termasuk mengizinkan kami menyelesaikan riset tersebut. Riset ini telah berhasil mematangkan hasil-hasil penelitian tentang bahan bio untuk aditif bensin dan solar. Walaupun begitu, ini tetap masih termasuk riset awal. Riset masih tetap akan berlanjut untuk terus menyempurnakan HI-OCTAN Generasi Kelima ini. Dengan mengacu pada hal-hal di atas, maka HI-OCTAN Generasi Kelima kami beri nama HI-OCTAN 111 BIO dengan tagline : “Bio Menembus Batas”.

Perjalanan masih terus berlanjut. Segala sumber daya yang telah dianugerahkan, akan kami manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kami berharap mudah-mudahan HI-OCTAN akan menjadi produk terbaik dari semua produk aditif bensin yang pernah ada atau ada saat ini. Amien…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *