Perbandingan Konsep Motor Octan Number (MON) Pada Mesin Bensin & Kinetic Value Pada Mesin Diesel

MON adalah besaran kedua penentu kualitas bensin. Besaran ini yang menentukan tingkat energi yang dihasilkan oleh bensin yang dibakar dan distribusi pelepasan energi agar energi tersebut dapat digunakan secara maksimal untuk memutarkan roda kendaraan. Semakin tinggi nilai MON, semakin tinggi energi yang dihasilkan oleh pembakaran dalam memutarkan roda. Hasilnya adalah power kendaraan yang tinggi dan penghematan bahan bakar yang lebih baik.

Pada mesin diesel, besaran yang menentukan hal serupa tidak dikenal. Bahan bakar diesel hanya mengenal nilai CN dan angka tetapan standar. Angka tetapan inilah yang yang didapat berdasarkan beberapa pengukuran di laboratorium. Berdasarkan standar angka tetapan inilah, bisa ditetapkan apakah bahan bakar diesel tersebut memenuhi syarat atau tidak.

Ketidakpraktisan dalam penetapan angka tetapan standar ini, akhirnya membuat kami membuat standar baru untuk penetapan kualitas bahan bakar diesel. Standar baru ini didasarkan pada besaran untuk kendaraan bensin. Dengan konsep yang sama dengan bahan bakar bensin, kami membuat sebuah besaran baru yang dinamakan Kinetic Value (KV).

Kinetic Value adalah besaran yang menentukan tingkat energi yang dihasilkan oleh bahan bakar diesel yang dibakar dan distribusi pelepasan energi yang digunakan untuk memutarkan roda. Dengan sistem dan konsep yang menyerupai konsep bahan bakar bensin, kemampuan untuk memahami dan mengukur kualitas bahan bakar diesel lebih mudah untuk dilaksanakan.

Untuk bahan bakar diesel, dibutuhkan bahan bakar diesel dengan nilai CN tertentu dan nilai KV yang mencukupi agar kendaraan diesel dapat memiliki performa terbaik. Hal ini sama dengan bahan bakar bensin, dibutuhkan bensin dengan nilai RON tertentu dan MON tertentu yang mencukupi agar kendaraan bensin memiliki performa terbaik.


Produk Terbaru Hi-Octan Bio & Hi-Cester Bio dapat dipesan melalui :
Kang Iwan
085793267111
ridwansoleh@rocketmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *