Apa Resikonya Jika Tetap Memaksa Menggunakan RON/CN Rendah Dan Tidak Sesuai Dengan Kompresi?

hi-octan-bio-optimalkan-mobil-anda

Sebelumnya akan kita perkenalkan sedikit dulu tentang CN yang merupakan kependekan dari Cetane Number. Cetane Number merupakan besaran yang digunakan pada bahan bakar diesel atau apabila kita mengacu pada merk dagang Pertamina, disebut Solar. Cetane Number adalah Besaran yang menentukan  mudah atau susahnya solar terbakar apabila solar ditekan dengan tekanan tertentu pada ruang bakar mesin. Solar yang mudah terbakar dengan tekanan kecil memiliki Nilai CN yang lebih tinggi dibandingkan dengan solar yang baru terbakar pada tekanan mesin yang lebih tinggi. Kalau kita bandingkan dengan bensin, seakan-akan nilai RON berkebalikan dengan nilai CN. Semakin susah terbakar, nilai RON semakin tinggi tapi nilai CN semakin rendah. Sebaliknya semakin mudah terbakar, nilai RON semakin rendah tapi nilai CN semakin tinggi.

Resiko menggunakan RON terlalu rendah/CN terlalu tinggi adalah mesin akan ngelitik sehingga lebih cepat rusak (umur kendaraan lebih pendek), kurang bertenaga dan boros. Resiko menggunakan RON terlalu tinggi/CN terlalu rendah adalah mesin akan tidak bertenaga, panas dan boros. Mesin yang terlalu panas juga akan mempercepat ausnya mesin sehingga umur kendaraan lebih pendek.

Kesimpulan     :  Gunakan bahan bakar dengan RON/CN yang sesuai dengan kompresi kendaraan agar tercapai performa kendaraan yang maksimal dengan bahan bakar paling irit dan umur kendaraan paling panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *