Apa akibatnya Jika Mobil kita diisi bensin yang Oktan-nya terlalu rendah?

BTW neh, Kang… Apa seh akibatnya kalau motor/mobil bagus kita yang kompresi mesinnya tinggi jika dipaksakan kita isi dengan bensin beroktan lebih rendah?

Bensin dengan oktan rendah lebih mudah terbakar. Semakin tinggi nilai CR pada mesin artinya membutuhkan bensin bernilai oktan tinggi. Mesin berkompresi tinggi membuat bensin cepat terbakar (akibat tekanan yang tinggi), yang akan menjadi masalah adalah, ketika bensin terbakar lebih awal sebelum busi memercikkan api. Saat piston naik ke atas melakukan kompresi, bensin menyala mendahului busi, akibatnya piston seperti dipukul keras oleh ledakan ruang bakar tersebut. Kita sering mendengar istilah “Ngelitik’ (knocking).

nilai-octan-terlalu-rendah-piston-jebol-1Bagaimana menggambarkan “kejam”nya ngelitik yang dirasakan piston? Ibarat telapak tangan kita ditusuk-tusuk dengan paku, kira-kira begitu. Perlahan namun pasti membuat piston seperti permukaan bulan dan bahkan bisa bolong.

Saat terjadi “ngelitik”, bensin tidak menjadi tenaga yang terpakai. Kerja mesin tidak optimal. Kembali diulang, mesin yang CR nya tinggi, memerlukan bensin yang lambat terbakar. Semakin tinggi nilai CR, bensin harus semakin lambat terbakarnya (oktan tinggi). Jadi untuk teman-teman, cermati nilai CR mesin mobil/motor kita, dan isilah bensin yang sesuai untuk mesin tersebut.


Produk Hi-Octan 111 Bio dapat dipesan melalui :

Kang Iwan
085793267111
ridwansoleh@rocketmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *